5 Resiko dan Kerugian Root Android yang Harus Kamu Tahu

Rooting Android bukanlah hal asing bagi para pengguna OS besutan Google atau Android. dengan melakukan Rooting kamu bisa mengakses sistem yang lebih dalam dan secara penuh. lalu bagaimana dengan resiko atau kerugian root android? sudahkah kamu kamu mengetahuinya?

kali ini duniawp.com akan sedikit menjelaskan tentang keuntungan dan kerugian rooting. perlu kamu tahu rooting sebenarnya sudah ada sejak zaman ponsel sejuta umat (Symbian) masih tenar-tenarnya tetapi hanya namanya saja yang berbeda yaiut Hack. sedangkan kalau di Iphone sendiri namanya Jailbreak.

Resiko dan Kerugian Root Android

Resiko dan Kerugian Root Android

banyak para pengguna android yang melakukan rooting sekalipun mereka sudah tahu dengan berbagai resiko dan kerugian yang siap menghadangnya. pasalnya, keuntungan jika melakukan rooting juga sebanding dengan resikonya seperti:

  • bisa menghapus aplikasi bawaan yang tidak penting
  • melakukan customisasi tampilan
  • menginstall aplikasi tertentu
  • edit theme
  • dan cheating game (seringnya Clash of Clans)

tetapi sebelum kamu ngiler dan buru-buru untuk Rooting android sebaiknya baca terlebih dahulu kerugian dan resiko root android yang telah duniawp rangkum dibawah ini.

#Rentan Virus
ketika kamu melakukan rooting firewall dan sistem security android akan sepenuhnya bisa dibuka atau diakses secara bebas. dengan demikian jika secara tidak sengaja kamu mengunduh file di internet yang sudah di injek virus. virus tersebut dapat dengan mudah menginfeksi sistem.

sebagai tindakan pencegahan sebaiknya kamu menginstall aplikasi anti virus dari produsen terpercaya, disini saya merekomendasikan Avast, AVG, dan beberapa lainya.

#Garansi Hilang
sesuai dengan ketentuan persyaratan setiap produk smartphone, setiap produsen pasti memberikan garansi untuk setiap smartphone yang mereka jual. tetapi, garansi tersebut tidak akan berlaku jika kamu sudah mengubah sistem android yang mana itu adalah proses rooting.

jika sewaktu-waktu android kamu bermasalah dan sebelumnya sudah di root sebaiknya lupakan saja untuk meminta garansi di service center.

#Performa Berkurang
sistem android sudah ditata rapi dan kompatible dengan semua aplikasi yang tersedia di playstore. tetapi, jika sistem sudah di ubah dan banyak menginstall aplikasi pihak ketiga tentu saja performa android yang menjadi taruhanya.

#Cepat Panas
lagi-lagi kita akan membahas tidak jauh dari sistem android. android yang sudah di root akan memiliki sistem yang berbeda dan akan mempengaruhi prosesor untuk bekerja lebih keras. inilah yang menyebabkan android cepat sekali panas, jika kamu tidak percaya silahkan dicoba saja.

#Gagal Booting
resiko terparah dari kerugian android yang di root adalah bootloop, Bootloop sendiri adalah sistem android yang tidak bisamasuk ke Startup dan akan kembali lagi ke awal kamu hendak menghidupkan android.

ini terjadi lantaran ketika kamu melakukan rooting android harus memulai semua sistem dari awal lagi dan jika proses rooting gagal tentu saja bisa mengakibatkan bootloop. untuk mengatasi hal ini mau tidak mau kamu harus melakukan install ulang OS dan biayanya cukup lumayan.

Akhir Kata…..

jika kamu bertanya kepada saya apakah saya akan tetap melakukan rooting atau tidak maka jawaban saya adalah tergantung kebutuhan, jika kebutuhan saya benar-benar penting maka saya akan tetap melakukan rooting.

tetapi, pastikan smartphone android kamu minimal memiliki RAM 1 GB agar proses rooting berjalan lancar dan agar mengurangi berbagai resiko dan kerugian root android. bagi, sebagian orang melakukan proses rooting memang memiliki daya tarik sendiri karena bisa oprek android sesuai keinginan.

okay, samapai disini saja artikel resiko dan kerugian android yang di root semoga bisa sedikit membantu kamu untuk memilih keputusan yang tepat.


5 Resiko dan Kerugian Root Android yang Harus Kamu Tahu | asepkanan | 4.5