7 Tips Penting Sebelum Membeli HP Android Bekas/ Second

Kamu berniat membeli HP bekas tetapi khawatir dengan kondisi HP tersebut nantinya? jika iya kamu wajib baca nih tips penting sebelum membeli HP Android Second agar tidak tertipu ketika membelinya.

sebenarnya, ini adalah tips berdasarkan pengalaman saya pribadi yang ketika itu ingin membeli HP Android namun karena duitnya mepet ya sudah saya lebih memeilih membeli HP bekas.

sekarang, android sudah berhasil menguasai semua segmen kalangan pengguna smartphone di indonesia dan ini tidak terlepas dari kecanggihan dan fitur yang ditawarkan. mulai dari aplikasi yang berjuta-juta sampai beberapa model desain yang sangat beragam.

Tips Sebelum Membeli HP Android

Cara Cek HP Android Bekas/ Second

tetapi walau bagaimanapun yang namanya benda secanggih apapun seirirng waktu pasti mengalami kerusakan dan begitu juga dengan HP Android. agar kamu tidak menyesal ketika membeli HP Android bekas silahkan baca tipsnya dibawah:

#1: Ketahui Harga Pasaran
pertama kamu tentukan target, merk serta modelnya yang ingin beli setelah itu bisa mengunjungi Onlineshop entah itu lazada, blibli, tokopedia atau lainya dan lihat harga baru dari smartphone tersebut.

kita ambil contoh misalnya smartphone X harga barunya Rp 2.500.000 biasanya harga second dari HP tersebut adalah berkurang antar 10 % – 40% jadi harga second normalnya adalah Rp. 1.500.000 sampai Rp 2.300.000 tergantung kondisi.

#2: Pilih Penjual yang Tepat
jika kamu hendak membeli HP Android bekas saya sarankan jangan pernah membeli di konter HP karena selain harganya yang lebih mahal juga kemungkinan sudah di inject sana-sini.

lalu dimana kamu harus membelinya?

OLX! yups, saya setiap kali ingin membeli barang bekas selalu ke situs tersebut dan selalu mendapatkan barang dengan kualitas OK tetapi harga bersahabat karena membeli langsung dengan orang yang sedang kepepet.

jika kamu ingin membeli di OLX pilih tempat yang cukup ramai entah itu di mall atau Cafe untuk dijadikan tempat janji ketemuan.

#3: Garansi Barang
okay anggap saja kamu sudah menemukan target yang tepat silahkan tanyakan kepada si penjual tentang garansi dari barang tersebut dan jika sudah melewati waktu garansi atau kartu garansi sudah hilang maka harga barang boleh digoyang lebih rendah.

#4: Cek Nomor Seri
setiap produk HP memiliki nomor unik atau yang biasa kita sebut dengan IMEI (The International Mobile Station Equipment Identity) silahkan ketik pada layar android *#06*# lalu cocokan nomor IMEI yang muncul dengan yang ada pada dusbox.

#5: Cek Panggilan
fungsi utama dari HP tentu saja untuk menelpon dan jika salah satu alat pendukung fungsi ini mengalami kerusakan lebih baik itu HP dibakar beramai-ramai. silahkan kamu lakukan panggilan telepon apakah Mix dan speaker berfungsi normal.

cara cek hp android bekas


tidak hanya itu kamu juga browsing sebentar apakah bisa untuk mengakses internet atau tidak tetapi pastikan dahulu bahwa itu HP sudah diisi pulsa dan terakhir tes apakah SMS bisa terkirim dengan selamat atau tidak.

#6: Cek Kondisi Fisik
biasanya fisik yang paling rentan rusak dari smartphone adalah Casing dan Layar. untuk Casing bisa dikarenakan jatuh atau hal lainya. jika terdapat baret, retak, atau Dead Pixel pada layar smartphone maka kamu harus mempertimbangkanya kembali.

#7: Lakukan Test
untungnya android memiliki fitur pengetesan yang sangat membantu dan pada fitur ini kamu nantinya bisa mengecek getar, speaker, sentuh, dan masih banyak lagi. untuk memulainya sangat mudah cukup tekan *#0*# maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

test kondisi hp android

demikianlah tips sebelum membeli HP Android bekas atau second semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kamu yang hendak membeli calon HP kesayangan.


7 Tips Penting Sebelum Membeli HP Android Bekas/ Second | asepkanan | 4.5