2 Cara Mengubah Android Menjadi Remote TV dan AC

apa kamu tahu sekarang ada cara membuat hp android menjadi remote TV dan AC. pada awalnya saya berpikir “kok bisa ya hp android diubah menjadi remote?”.

perkembangan teknologi yang sudah semakin keterlaluan maju mungkin bisa menjadi alasan utama. seperti yang kita tahu android juga mengusung Open Source jadi banyak sekali pembuat aplikasi menumpahakan ideanya.

dahulu ketika jamanya symbian sedang naik daun mungkin juga bisa diubah menjadi remote TV. namun, munkin karena biaya pengembanganya yang lebih mahal dari android OS legendaris itu akhirnya hilang ditelan jaman.

cara membuat android menjadi remote tv

Cara Membuat HP Android Menjadi Remote TV

saya percaya jika android layak menjadi hp multifungsi karena sangat membantu kebutuhan manusia. namun, tidak semua hp android bisa diubah menjadi remote TV, hanya perangkat android yang memiliki fitur IR (InfraRed/ infra merah) saja.

dahulu ketika jamanya OS Symbian terkenal kita bisa dengan mudah menemukan hp dijejali fitur InfraRed karena memang fungsinya seperti Bluetooth. tetapi, sekarang hanya hp berkelas High-End saja yang memiliki fitur ini contohnya samsung galaxy S4, S5, S6, Note 3, HTC ONE Max, LG Optimus L9, Sony Xperia Z2 dan masih banyak lagi.

jika kamu tidak tahu cara mengubah android menjadi remote TV silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini:

#1: Menggunakan Aplikasi WatchOn

aplikasi watchon

a). Tahap Pertama

  • kamu buka aplikasi watchon kemudian pilih “Select Country or Region”  pilih “Indonesia” . pada tahap ini silahkan kamu pilih TV Berlangganan yang kamu gunakan jika tidak ada pilih saja “Indovision”.
  • kemudian akan tampil pilihan personalisasi kamu pilih “Skip” dan akan muncul syarat ketentuan dan pilih “Agree”.

b). Tahap Pengaturan

  •  pertama untuk setting kamu harus tekan gambar remote yang berada di pojok kanan atas. kemudian pilih “Continue” dan pilih merk TV yang kamu gunakan.
  • jika merk TV tidak adadalam daftar pilih “Show Other Brands” kemudian “klik tombol power untuk menyalakan TV” kalau TV berhasil hidup klik “Yes, This Code One Work”.
  • kalau ternyata tmbol tadi tidak berhasil menyalakan TV klik “Send This One Code Again” kalau ternyata tetap gagal silahkan kamu pilih “No, Test Next Code XX (sesuai nomor kode)” dan terus kamu coba sampai bisa.
  • jika berhasil akan tampil “Set-Top Box” pilih “My…..TV” (sesuai Merk TV). dan jika TV yang kamu menggunakan antena biasa (analog) pilih “My…TV” dan proses selesai.
  • jika seandainya kamu menggunakan Decoder atau Receiver, pilih “Set-Top Box” dan terakhir pilih merk Decoder yang kamu gunakan.

Note: jika kamu memiliki banyak TV dalam rumah, kamu juga bisa menambahkanya dengan cara pilih Menu => pilih Setting => pilih Add Room dan set seperti langkah diatas.

Note: jika kamu ingin juga menambahkan AC, DVD, Blue Ray Player atau lainya caranya pilih tombol menu => pilih Add Device => dan pilih perangkat yang kamu gunakan. dan lakukanlah Set seperti kamu mengatur TV tadi.

#2: Menggunakan Aplikasi IR Universal Remote

aplikasi IR Universal Remote

cara kedua ini jika perangkat kamu mendukung Infra Merah tetapi tidak memiliki Aplikasi WatchOn di dalamnya maka bisa menggunakan langkah ini.

  • pertama, silahkan kamu download terlebih dahulu IR Universal Remote via PlayStore disini.
  • selanjutnya, buka aplikasi tersebut dan pilih “IR Database” dan pilih merk TV yang kamu gunakan.
  • nanti akan tampil sebuah tampilan seperti remote TV di layar android kamu. dan sekarang kamu sudah bisa menggunakan android kamu untuk mengatur TV tersebut.

bagaimana apakah tutorial yang saya tulis ini, mudah bukan? jika kamu mengalami sedikit kesulitan silahkan tulis di kolom komentar.

Baca Juga:
cara Instal game android langsung ke memor eksternal
cara menambah bahasa indonesia di android
cara blokir nomor hp di android

demikianlah cara mengubah android menjadi Remote TV dan AC semoga panduan ini bermanfaat untuk kamu. sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

2 Cara Mengubah Android Menjadi Remote TV dan AC | admin | 4.5