11 Cara Ampuh Mengatasi Game Android Keluar Sendiri dalam 7 Menit

cara mengatasi game android keluar sendiri – ada beberapa hal yang membuat kita memainkan sebuah game menjadi sebal dan gemes

    1. level game terlalu sulit
    2. kalah dalam permainan
    3. kehabisan kuota internet
    4. game tiba-tiba keluar sendiri

      namun, alasan terakhir adalah yang paling membuat kita menjadi sebal, marah dan menyeloteh tidak jelas, benar bukan?

      saya tahu apa yang anda rasakan sebab saya juga pernah merasakan saat saya sedang asik-asiknya bermain game favorit di smartphone android saya namun secara tiba-tiba game tersebut keluar dengan sendirinya.

      cara mengatasi game android keluar sendiri

      biasanya ketika terjadi Force Close di layar smartphone akan tampil sebuah peringatan “This Application Has Stopped Unexpectedly” dan disertai dua tombol “Force Stop” dan “Report“.

      mengapa ini bisa terjadi?

      awalnya saya juga bingung dan berusaha mencari tahu jawabanya kesana-kemari dan akhirnya saya berhasil menemukan beberapa penyebab utamanya dan saya yakin salah satu ini juga yang terjadi pada anda:

      1. aplikasi atau game yang anda mainkan masih dalam tahap uji coba dan masih banyak bug (BETA)
      2. koneksi internet yang anda gunakan tidak stabil atau naik turun bahkan putus
      3. perangkat yang anda gunakan tidak cocok/compatible
      4. smartphone anda di jalankan dengan OS android yang sudah udzur/lama (versi 2.3 kebawah)
      5. terjadi kerusakan pada perangkat smartphone anda entah itu hardware, software, atau sensor
      6. OS yang anda gunakan memang tidak cocok untuk menjalankan aplikasi/game tersebut
      7. sistem smartphone sudah diganti/berubah (biasanya karena di root)
      8. aplikasi/game yang anda gunakan terlalu memakan banyak ruang memory
      9. keadaan smartphone anda yang sudah terlalu panas (Over Heat)
      10. banyak aplikasi lain yang berjalan di background dan saling berebut ruang memori 
      11. game/aplikasi yang anda mainkan adalah file yang tidak valid
      12. memang dasar anda sedang apes (becanda gan)

      oke, apakah anda sudah tahu berbagai penyebab aplikasi/game yang anda mainkan keluar sendiri dan sekarang tahan terlebih dahulu niat untuk membanting smartphone anda dan simak beberapa langkah mudah yang telah saya praktekan dan terbukti berhasil dibawah ini:

      – Cek Aplikasi Lain 
      loh, maksudnya gimana?

      maksudnya apakah ada aplikasi lain yang berjalan di backgroud, caranya masuk ke menu Aplikasi Task Manager dan lihatlah berapa banyak aplikasi yang sedang berjalan bersamaan.

      tutuplah semua aplikasi yang berjalan tersebut dan cobalah mainkan game anda sekali lagi dan seandainya langkah ini tidak berhasil kita lanjut ke langkah kedua

      – Menghubungkan Smartphone ke Internet
      perlu diingat terlebih dahulu jenis aplikasi atau game yang anda mainkan itu OFFLINE atau ONLINE, jika online kemungkinan tadi saat anda memainkanya koneksi internet tiba-tiba terputus.

      sekarang cobalah koneksikan dengan cara masuk ke Setting => Wireless & Network => Mobile Network => Enable Data Access. dan setelah anda memastikan koneksi telah terhubung langsung coba mainkan kembali.

      namun, bila aplikasi atau game yang anda jalankan tadi adalah Offline kita Skip langkah ini dan langsung ke langkah berikutnya.

      – Manual Force Close
      jika aplikasi masih saja tetap bandel cobalah menutupnya kembali secara paksa dan ini juga bertujuan untuk merestart kembali game tersebut.

      caranya masuk ke menu Settings => Applications Manager => pilih salah satu aplikasi yang ingin anda restart atau bila perlu pilih saja semuanya kemudian pilih Force Close.

      oke, apakah sudah? tenang saja tidak usah terburu-buru saya tungguin kok sekarang buka kembali game anda seperti biasa.

      tips mengatasi game android yang force close

      – Matikan Lalu Hidupkan Kembali Smartphone
      dengan mematikanya ini memberikan sedikit waktu processor untuk beristirahat, memang itu adalah benda mati namun jika disuruh untuk terus berjalan dan bekerja pasti akhirnya akan loyo.

      pastikan sebelum menghidupkan kembali smartphone anda keadaanya sudah dingin atau setidaknya tidak terlalu panas seperti ketika anda memainkaya tadi ya.

      oh iya ini jangan lupa untuk sekalian untuk Reboot Android, hal ini membuat MotherBoard dan Chipset tidak menerima energi baterai dan merefresh ulang semuanya. caranya lepas baterai, kartu SIM, dan Micro SD dari tempatnya.

      – Hapus Cache Data Aplikasi
      seperti yang sudah kita bahas di awal tadi salah satu alasan game android tiba-tiba keluar sendiri adalah karena RAM yang habis di korupsi oleh aplikasi-aplikasi bandel.
      baca juga : cara menambah RAM android dengan RAM Expander

      bagaimana caranya?

      silahkan masuk ke menu Settings => Applications Manager => silahkan pilih game yang ingin anda hapus datanya tenang saja ini tidak akan menghapus filenya kok kemudian klik Clear Data.

      ini memang perlu dilakukan agar RAM anda menjadi longgar kembali dan khusus aplikasi atau game yang memerlukan login terlebih dahulu anda nanti akan login seperti pertama kali saat anda memainkanya. namun, jika anda ingin cara yang lebih simpel lagi cukup instal aplikasi pembersih cache android seperti “Clean Master”.

      – Update Game Tersebut
      sekarang ayo jawab, apakah anda melihat review pengguna yang ada pada game tersebut sebelum anda mendownloadnya?

      jika rating bintangnya sedikit dan banyak komentar tentang keluhan bisa dipastikan aplikasi atau game tersebut memiliki performa yang buruk. namun, jika anda sudah terlanjur kepincut dengan game tersebut sebaiknya sering cek apakah ada pembaruan versi.

      karena biasanya jika banyak bug dan keluhan dari penggunanya si vendor aplikasi tersebut akan segera mengupdate ke versi yang lebih baik.

      – Instal Ulang Game
      ada kalanya anda harus lebih memilih dan cermat dalam menginstal game di smartphone android anda. dan sebisa mungkin hindari dengan game compress atau game bajakan dan downloadlah game dari play store saja.

      untuk reinstal game caranya masuk ke menu Settings => Applications Manager => lalu pilih dan klik Uninstall selanjutnya coba unduh lagi game tersebut kalau bisa carilah yang versi asli jangan versi bajakanya di play store.

      Update OS Smartphone Anda
      hayo ngaku siapa yang memakai OS sudah aki-aki alias udzur bin lama, jika OS yang anda gunakan adalah versi lama dan biasanya yang sering bermasalah adalah versi Ginggerband 2.3 kebawah.

      nah, sekarang saatnya untuk menggunakan ke versi terbaru, lagi pula mengunduhnya juga gratis dan tidak di pungut biaya secara ini adalah sebuah dukungan dari google Inc, selaku pengembang OS Android.

      perlu anda tahu sebagian besar aplikasi yang ada di play store bekerja lancar jaya pada OS Ace Cream Sanwich 4.0 jadi versi berapakah android kamu? cara untuk melakukan update sangat mudah cukup masuk ke menu Settings => About Phones => System Updates.

      – Hard Reset
      ini adalah langkah yang paling ekstrim yaitu kembali ke awal pengaturan pabrik. biasanya langkah ini sangat ampuh bahkan virus-virus yang sebelumnya tidak terdeteksi juga ikut disapu bersih.

      perlu diingat sebaiknya lakukan langkah ini ketika smartphone anda memang sudah memiliki penyakit yang sangat parah dan anda sudah mencoba berbagai cara di atas. dan juga saya mengingatkan untuk berhati-hati dalam melakukan hal ini karena data-data penting akan turut terhapus.

      sebaiknya lakukan back up pada file-file penting seperti foto, video, musik, dan kontak terlebih dahulu dan lepas Micro SD untuk memperlancar proses Factory Reset, cara untuk Hard Reset sangat mudah hanya saja prosesnya itu loh yang lama.

      cara melakukan factory reset yaitu pertama masuk ke Settings => Backup & Reset => Factory Data Reset dan siap-siaplah menunggu proses reset yang cukup lama.

      Beli Smartphone yang baru
      ini adalah langkah terakhir dan saya berani menjamin bahwa langkah ini akan sangat ampuh bahkan mungkin super ampuh untuk mengatasi game android yang tiba-tiba keluar sendiri.

      biasanya smartphone android generasi terdahulu memiliki RAM hanya 512 MB dan Single Core, sekarang cobalah membeli android dengan fitur-fitur yang lebih canggih seperti RAM minimal 1 GB dan processor Dual Core.

      namun, jika membeli smartphone dengan spesifikasi RAM 2 GB dan Processor Quad Core atau Octa Core itu lebih baik dan memainkan game berat spek HD’pun akan maknyuss.

      Terakhir, Game sebagus apapun tidak akan memuaskan anda jika memiliki banyak masalah benar bukan? oke, sekian artikel cara mengatasi game android yang keluar sendiri semoga bermanfaat untuk anda.


      11 Cara Ampuh Mengatasi Game Android Keluar Sendiri dalam 7 Menit | asepkanan | 4.5